Kamis, 22 April 2010

PROPOLIS UNTUK KESEHATAN

Kita tahu bahwa lebah adalah binatang yang multiguna. Hasil dari lebah yang paling dikenal adalah madu. Tapi tahukah Anda bahwa ada lagi kreasi lebah yang sarat akan manfaat terutama untuk kesehatan, inilah yang disebut propolis.

Propolis adalah zat hasil ekstraksi resin daun yang baru tumbuh dan bagian kulit batang pohon tertentu. Resin tersebut dicampur dengan sedikit lilin lebah, madu dan enzym sebelum akhirnya menjadi propolis, dimana proses tersebut dilakukan oleh lebah pekerja di sarangnya. Propolis digunakan lebah untuk menambal sarang yang bocor, memperkuat sarang, dan untuk membungkus bangkai binatang yang masuk ke sarang agar tidak menyebarkan penyakit. Singkatnya propolis digunakan lebah untuk mensterilkan sarang, sehingga mampu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, virus dan jamur.

Melihat dari kegunaan propolis inilah maka manusia mencoba memakai propolis untuk kesehatan terutama menghentikan pertumbuhan dan penyebaran bakteri, virus dan jamur. Komposisi propolis yang baru dipanen dari sarang lebah umumnya terdiri dari kurang lebih 50% resin, 30% lilin lebah, 10 % essential oils, 5% pollen dan 5% sisa-sisa tanaman. Karena komposisinya yang demikian tidak seluruh bagian Propolis bisa dimakan sebagai obat atau makanan suplemen.

Setelah dipanen dari sarang, propolis harus diekstraksi dengan air atau minyak untuk mengambil bahan-bahan yang bisa dimakan tersebut. Di negeri barat ekstraksi juga dilakukan menggunakan ethanol atau alkohol, namun hal ini tidak halal untuk konsumsi kaum muslim, jadi ekstraksi menggunakan air atau minyak. Karena lebah pekerja mengambil resin dari tanaman sekitar tempat sarangnya, maka komposisi propolis sangat bervariasi tergantung daerahnya, namun Subhanallah seluruh propolis memiliki khasiat pengobatan yang sangat mirip satu sama lain. Khasiat tersebut adalah propolis bersifat antiseptic, antibiotic, antifungal, anti-inflamatory, dan kemampuan detoksifikasi. Sungguh Allah SWT. telah memberi kemampuan lebah-lebah tersebut dimanapun mereka berada untuk mampu mengumpulkan bahan-bahan kimia yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan sarang lebah dan lebah-lebah yang tinggal di dalamnya.

Penelitian lain di berbagai negara tidak henti-hentinya menemukan bukti baru atas efektifitas propolis sebagai obat untuk berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur dan masuknya bahan kimia berbahaya kedalam tubuh (keracunan). Ada lima alasan mengapa propolis dapat menjadi obat :

Lebih dari 180 phytochemicals ada di dalam propolis antara lain flavonids, berbagai turunan asam orbanic, phytosterols, terpenoids dll. Zat-zat ini terbukti memiliki berbagai sifat anti-inflamatory, antimicrobial, antihistimanine, antimutagenic dan anti allergenic.

Flavonids yang ada dalam propolis selain bersifat antioxidant yang mencegah infeksi, juga menumbuhkan jaringan. Kandungan pimia propolis yang meningkatkan tumbuhnya jaringan tersebut antara lain adalah sebagai akibat dari sifat tissue strengthening dan regenerative effect dari quercetin, kaemferol, epigenin dan luteolin.

Aktifitas antibiotic dari phytochemicals yang ada di dalam propolis antara lain disebabkan oleh berbagai turunan asam organic seperti cinnamic, ferrulic, benzoic, caffeic, coumaric, terpenes dan turunan-tuirunn berikutnya seperti limonene, p-cymene, eugenol, galangin dan quercetin.

Sifat antifungal yang ada di Propolis yang dihasilkan oleh phytochemicals seperti flavonoids pinocembrin, quercetin, sakauranetin dlsb.

Sifat antivius Propolis yang berasal dari turunan-turunan asam organik seperti Caffeic Acid Phenethyl Ester (CAPE).

Kini propolis mulai memasyarakat sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkannya untuk kemudian ikut merasakan manfaatnya. Wallahualam


Sumber : Bayi dan Bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar